Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
28 Aug

Cara Kerja Injektor Mesin Diesel Common Rail Tidak Sama Dengan Mesin Diesel Konvensional

Published by Feri Prasetyo

 

Cara kerja injektor mesin diesel

common rail

tidak sama dengan mesin dieselkonvensional. Di sini, injektor bekerja menggunakan teknologi solenoid atau elektrik.Pada mesin lama, injektor bekerja dengan hidro-mekanik. Malah versi terakhir, generasike-3, injektor bekerja secara piezo-elektrik.Injektor mesin diesel modern sama dengan injektor mesin bensin yang menggunakansistem injeksi. Dalam hal ini, injektor diaktifkan oleh arus listrik yang diatur olehkomputer.Jumlah solar yang akan disemprotkan diatur berdasarkan lamanya nosel membuka.Komputer mengatur kerja injektor ini berdasarkan informasi yang diterima dari sensor-sensor lain, misalnya putaran mesin, tekanan regulator, tekanan bahan bakar, suhu solar, posisi pedal gas, putaran mesin, silinder, tekanan turbo, aliran udara, air pendingin,kecepatan kendaraan dan seterusnya.Rangkaian komponen tersebut jelas tidak diperlukan atau tidak ada pada mesin dieselkonvensional. Komputer juga menentukan waktu injeksi (injection timing) berdasarkansinyal yang diterimanya dari sensor di kruk as atau roda gila.Dengan demikian, mesin diesel common rail, mampu memenuhi harapan banyak orang.Untuk mengurangi getaran misalnya, cukup dilakukan dengan menyemprotkan bahan bakar secara bertahap untuk mencegah timbulnya ledakan besar bila dilakukansekaligus. Cara ini mirip seperti orang melakukan pembelian secara kredit. Kalau pembayaran dilakukan sekaligus, ‘kantung langsung meledak’.Di lain hal, karena tekanan pada sistem pasokan bahan bakar sangat tinggi, molekulsemprotan lebih kecil dan merata. Hasilnya, pembakaran berlangsung mulus dan lancar.Tekanan tinggi dari common rail terus ditingkatkan untuk mesin-mesin diesel masamendatang.Kini, para pakar mesin diesel sudah ancang-ancang menaikkan tekanan sampai 2000 bar. Dengan tekanan setinggi itu ditambah lagi dengan kemampuan komputer mengatur waktu injeksi yang lebih fleksibel, para ahli sudah menyimpulkan, mesin diesel nantinya

Cara Kerja Injektor Mesin Diesel Common Rail Tidak Sama Dengan Mesin Diesel Konvensional

About this blog

Do the best today for your future